WASPADA PMK DI DESA PELAPUAN

Administrator 21 Juli 2022 09:40:57 WITA

        PMK disebut juga Foot and Mouth Disease (PMD) dan Apthtae Epizooticae adalah Penyakit Hewan Menular bersifat akut yang disebabkan virus. Hewan rentan : sapi, kerbau, domba, kambing, babi dan ruminansia lainnya.

          Berdasarkan hal tersebutPemerintah Desa Pelapuan membentuk Satgas PMK (Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku) Desa Pelapuan, dengan SK Perbekel Nomor :25/KEP/PLP/2022 sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Daerah.

          Pada Hari Rabu(13/07) dilaksanakan Penyemprotan Disinfektan ke lokasi peternakan warga Desa Pelapuan oleh Satgas PMK Desa Pelapuan bersama petugas. Adapun gejala PMK pada Sapi Sakit : Demamtinggi (39-41 derajat Celsius), Air liur berlebihan dan berbusa, sebagian ada luka lepuh dilidah dan mukosa rongga mulut, pincang pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, tidak mau makan, sulit berdiri dan nafas cepat.

          Untuk warga masyarakat agar tetap waspada dan selalu memperhatikan kebersihan kandang ternak masing-masing dan apabila ditemukan hewan ternak yang mengalami gejala PMK, agar segera dilaporkan agar bisa segera ditangani.( Novita/Pelapuan)

Komentar atas WASPADA PMK DI DESA PELAPUAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pelapuan

tampilkan dalam peta lebih besar